Cara Mengobati Asam Lambung Sendiri di Rumah tanpa Harus ke Dokter

Cara Mengobati Asam Lambung – Maag selalu dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman ketika sakit kumat. Mulai dari rasa sakit yang mirip dengan terbakar di perut sampai dengan gejala lainnya, seperti mual dan muntah, tanda-tanda tersebut tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Akan tetapi, jika gejala yang Anda alami sudah termasuk feses yang berwarna kehitaman dan muntah darah, segera temui dokter karena hal tersebut merupakan tanda-tanda kondisi yang lebih kronis.

Sedangkan jika gejala maag yang Anda alami masih terbilang umum, maka cara-cara untuk mengobati sakit maag dengan cepat berikut ini layak untuk dicoba. Selain alami dan sehat, pengobatan ini juga dapat dilakukan di rumah.

Cara Mengobati Asam Lambung Sendiri di Rumah tanpa Harus ke Dokter

1. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel dapat mengurangi produksi asam berlebih di dalam lambung dan mengembalikan keseimbangannya. Selain itu, bahan ini juga dapat membunuh mikroorganisme yang dapat merusak dinding lambung.

Campurkan 1 sdm cuka apel dan 1 sdt madu ke dalam segelas air. Aduk sampai rata, lalu minum 1 atau 2 kali sehari begitu gejala muncul.

2. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal akan khasiatnya untuk mendinginkan dan meredakan radang, termasuk yang terjadi saat maag menyerang. Selain itu, tanaman ini juga mengandung antiseptik.

Campur 2 sdt gel lidah buaya dengan segelas air sampai merata dan minum 1 atau 2 gelas setiap hari sampai gejala maag Anda lenyap.

3. Menggunakan Baking Soda

Obat rumahan satu ini dapat membantu meredakan rasa panas dan terbakar di perut saat maag datang menyerang. Sebab, baking soda akan memberikan efek seperti antasida untuk menurunkan jumlah asam di dalam lambung.

Cukup tambahkan 1 sdt baking soda ke dalam segelas air dan aduk sampai rata. Tunggu sampai air tidak berwarna kelabu, kemudian minum. Gunakan obat ini hanya ketika dibutuhkan.

4. Menggunakan Air Kelapa Muda

Pilihan ini baik untuk memulihkan fungsi lambung. Selain itu, air kelapa muda juga kaya akan mineral dan vitamin. Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 3 sampai 4 gelas sehari sampai gejala maag pergi. Tapi, pastikan bahwa aroma air kelapa muda yang Anda gunakan masih segar agar tidak terjadi refluks (naiknya isi dan asam lambung kembali ke kerongkongan).

5. Menggunakan Minyak Kelapa

Selain minyak kelapa, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun. Keduanya sama-sama mengandung antikosidan untuk meredakan stres yang dialami lambung karena maag. Selain itu, penggunaannya juga dapat mengurangi gejala maag yang dirasakan penderita. Kemudian, minyak kelapa atau minyak zaitun juga mampu mengurangi radang di dalam lambung dan menyingkirkan bakteri H. pylori.

Anda dapat menggunakannya sebagai bahan masakan atau mengonsumsinya langsung. Gunakan sebanyak 2 sampai 3 sdt sehari.

6. Menggunakan Teh Hijau dan Madu

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam teh hijau akan memberikan efek perlindungan pada dinding lambung dan meredakan gejala maag. Mengonsumsinya secara teratur dapat membantu mengobati maag kronis.

Siapkan secangkir air panas dan tambahkan teh hijau dan madu murni. Campur sampai rata lalu minum 2 cangkir dalam sehari.

7. Menggunakan Jahe

Tanaman jahe kaya akan kandungan anti-radang dan anti-bakteri, sehingga sangat bermanfaat bagi pasien penderita maag. Ada berbagai cara untuk menggunakan jahe sebagai obat maag, seperti dengan mengonsumsi suplemen atau dengan meminum air rebusan jahe. Anda juga dapat mengunyah jahe selama beberapa menit sebelum menelannya bersamaan dengan air.

8. Menggunakan Oatmeal

Oatmeal mengandung banyak serat dan mineral yang dapat menormalkan proses pencernaan. Selain itu, sifatnya yang alkalin akan membantu menenangkan dinding lambung.

Anda bisa memasaknya bersamaan dengan susu atau air, sesuai dengan selera Anda. Untuk rasa yang lebih lezat, tambahkan buah yang bersifat non-asam, seperti apel, pir, dan pisang. Konsumsi oatmeal secangkir setiap hari sampai gejala maag hilang.

9. Menggunakan Koyo Maag Indonesia

Bila biasanya koyo digunakan untuk melenturkan otot yang tegang atau badan pegal, tapi kali ini koyo dikhususkan untuk maag? Segala jenis maag bisa disembuhkan hanya dengan menggunakan koyo maag Indonesia (KMI) saja. Bagaimana cara kerjanya kok bisa menyembuhkan maag hanya dengan ditempel? Pada dasarnya produk ini berbahan herbal dan sering kita jumpai di sekitar, terdiri dari 8 bahan pilihan yang diekstrak dan dikemas dengan rapi. Penggunaannya pun sangat mudah, tinggal tempel ke perut, maag akan reda dengan sendirinya.