Cara Ampuh Mengobati Maag Kronis dengan Diet Sehat dari Dokter

Diet untuk Mengobati Maag Kronis dan Akut – Mengingat bahwa maag merupakan penyakit pada sistem pencernaan, maka mengubah pola dan kebiasaan makan akan sangat membantu Anda. Perubahan ini sebaiknya segera dilakukan. Sebab, jika maag dibiarkan berlarut-larut dan bahkan tidak diobati dengan semestinya, masalah yang lebih parah dapat terjadi.

Bagaimana Diet dapat Memengaruhi Maag Anda

Dari sekian banyak penyebab sakit maag, infeksi oleh bakteri H. pylori adalah salah satu faktor yang paling umum. Dan dengan perubahan gaya hidup, termasuk perbaikan kebiasaan makan, lambung Anda pun dapat pulih. Selain itu, Anda pun dapat mencegah penyakit ini kambuh sambil melawan efek dari infeksi bakteri H. pylori tersebut.

Menurut penelitian, bakteri H. pylori bersarang pada setidaknya 50 persen dari populasi seluruh dunia. Infeksi oleh bakteri ini dapat menyebabkan radang lambung dan meningkatkan risiko berkembangnya tukak atau luka di saluran pencernaan. Bahkan, tanpa penanganan yang layak, hal ini dapat memicu terjadinya kanker lambung atau perut. Padahal, ini adalah jenis kanker paling mematikan nomor 2 di seluruh dunia.

Diet untuk penderita maag kronis didesain bukan untuk langsung menyembuhkan maag. Akan tetapi, konsumsi jenis-jenis makanan tertentu dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan dan membunuh bakteri H. pylori. Di satu sisi, ada juga jenis makanan yang dapat memperparah maag yang Anda derita.

Berbagai studi sudah menunjukkan bahwa makanan yang berlemak (terutama lemak trans) dan tinggi kandungan garam dapat memengaruhi dinding lambung. Kandungan garam yang tinggi akan mengubah sel-sel di dalam lambung sehingga organ tersebut menjadi cenderung terinfeksi oleh bakteri H. pylori.

Makanan yang Baik untuk Penderita Maag

Ada dua jenis makanan utama yang sudah dibuktikan keampuhannya dalam mengobati dan menangani penyakit maag: brokoli dan yogurt.

Brokoli mengandung sebuah zat kimia yang disebut sulforaphane. Zat ini terkenal akan efek anti-bakterinya, serta kandungan zat anti-kanker. Paling baik lagi, konsumsi brokoli yang masih dalam bentuk kecambah karena kandungan sulforaphane-nya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan brokoli yang sudah dewasa. Selain membantu mengatasi maag, konsumsi brokoli juga dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker perut.

Sementara itu, yogurt merupakan salah satu sumber probiotik alias bakteri baik yang berkembang di dalam saluran pencernaan. Bakteri baik ini akan dapat melawan bakteri jahat, alias H. pylori, sehingga organ pencernaan yang terluka pun akhirnya dapat menyembuhkan diri. Selain yogurt, Anda juga dapat mengonsumsi kefir, sauerkraut, kimchi, atau kombucha yang sama-sama merupakan makanan sumber probiotik.

Selain probiotik dan brokoli, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita maag:

  • Apel.
  • Seledri.
  • Buah beri, seperti blueberry, stroberi, beri hitam, cranberry, dan raspberry.
  • Minyak esensial atau atsiri, seperti minyak kelapa dan minyak zaitun. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan masakan atau menelannya langsung.
  • Madu murni.
  • Teh herbal, seperti teh jahe dan chamomile.

Makanan yang WAJIB Dijauhi Penderita Asam Lambung

Jika ada makanan yang baik, maka ada pula jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita maag. Secara umum, makanan yang tinggi lemak akan memperparah radang pada dinding lambung. Dan jenis-jenis makanan lainnya yang dapat menimbulkan iritasi pada lambung adalah:

  • Alkohol.
  • Kopi.
  • Makanan asam seperti tomat dan beberapa jenis buah.
  • Makanan berlemak.
  • Makanan gorengan.
  • Minuman ringan atau bersoda.
  • Makanan pedas.

Selain dengan mengubah kebiasaan dan pola makan, Anda juga perlu menerapkan perubahan gaya hidup yang lainnya. Jika Anda punya kebiasaan merokok, segera hentikan. Selain dapat memicu refluks, merokok juga dapat menyebabkan kanker mulut, kerongkongan, dan perut. Berolahraga secara rutin juga dapat membantu. Selain meningkatkan kondisi tubuh secara keseluruhan, aktivitas fisik juga dapat menurunkan stres, yang juga merupakan salah satu pemicu maag.