Cara Alami dan Ampuh Pencegahan Penyakit Lambung

Ada berbagai jenis penyakit yang menyerang lambung maupun sistem pencernaan yang dikarenakan oleh masalah asam lambung. Mulai dari maag, GERD, sampai tukak lambung, semuanya berakar dari peningkatan produksi asam lambung, sampai dengan naiknya cairan asam tersebut kembali ke kerongkongan yang terjadi berulang-ulang, alias kambuhan.

Cara Alami dan Ampuh Pencegahan Penyakit Lambung

Hal tersebut lantas menimbulkan berbagai gejala yang serupa, namun tingkat keparahannya bervariasi, bergantung pada seberapa parah penyakit lambung yang seseorang derita. Meski demikian, secara umum gejala penyakit asam lambung termasuk timbulnya rasa tak nyaman pada perut bagian atas atau ulu hati, cepat merasa kenyang saat makan, timbul sensasi kembung, mual dan muntah, serta sensasi panas dan terbakar di bagian dada sampai ke tenggorokan.

Seperti pepatah yang sering Anda dengar, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika Anda sudah mengalami gejala masalah lambung seperti yang dijelaskan secara singkat di atas, maka sebaiknya Anda lakukan berbagai tindakan pencegahan penyakit lambung agar kondisi Anda tidak jadi semakin parah. Sebab, maag yang terdengar sepele kalau tidak diatasi dengan baik bisa berkembang jadi GERD, tukak lambung, bahkan masalah lain yang lebih serius pada lambung dan saluran cerna Anda!

Berikut ini beragam cara pencegahan penyakit lambung yang ampuh dan alami tanpa pengobatan dokter untuk Anda terapkan mulai dari saat ini juga!

Stop Kebiasaan Merokok

Kandungan nikotin yang terdapat di dalam rokok dapat membuat otot jadi rileks, termasuk otot saluran pencernaan yang semestinya menjaga agar asam lambung tidak kembali naik sampai ke kerongkongan. Karena itu, kebiasaan merokok dapat melemahkan kekuatan otot tersebut, terutama otot lingkaran kerongkongan alias sfingter (sphincter), sehingga refluks atau naiknya kembali asam lambung ke kerongkongan pun terjadi. Apalagi, perokok pun lebih mudah batuk, yang dapat menekan perut setiap kali perokok tersebut terbatuk-batuk, sehingga risiko naiknya asam lambung makin besar.

Karena itu, jika Anda punya kebiasaan merokok, stop kebiasaan tersebut sekarang juga!

Ubah Pola Makan

Karena penyakit lambung merupakan masalah pencernaan, maka kebiasaan makan yang buruk pun dapat mengakibatkan timbulnya risiko masalah kesehatan yang satu ini. Lakukan perubahan pada pola dan kebiasaan makan Anda sebagai langkah pencegahan penyakit lambung, seperti:

  • Kurangi porsi makan, namun makan dalam frekuensi yang lebih sering setiap hari. Contohnya, jika Anda biasanya makan 3 kali sehari, maka ubah jadi 5 atau 6 kali sehari, namun dengan porsi makan yang dikurangi, misal jadi setengah atau sepertiganya.
  • Jangan biasakan makan sampai kekenyangan agar makanan tidak naik kembali ke kerongkongan karena lambung terlalu penuh.
  • Kurangi atau bahkan hindari makanan atau minuman yang sifatnya asam, misal makanan pedas, kopi, dan jeruk. Sifat asam pada makanan dan minuman dapat menimbulkan nyeri uku hati.
  • Jangan makan kurang dari 2 atau 3 jam sebelum tidur di malam hari agar isi lambung tidak naik saat Anda tidur.

Kendalikan Berat Badan

Anda punya masalah berat badan berlebih? Ubah juga pola makan Anda agar lebih sehat dan imbangi dengan aktivitas fisik untuk mengurangi berat badan Anda. Kegemukan memperbesar risiko penyakit lambung karena kecenderungan untuk makan dengan porsi besar, yang kemudian memperbesar tekanan di dalam lambung. Akibatnya, isi lambung pun mudah naik kembali.

Anda tidak perlu mengurangi berat badan sampai benar-benar kurus; mengurangi 2 sampai 5 kg saja sudah dapat membantu mencegah kembalinya masalah lambung dengan efektif.

Penggunaan Obat Alami Tanpa Diminum

Bagaimana jika gejala masalah asam lambung masih timbul? Anda tak perlu bingung, karena Anda tak perlu lagi bergantung pada antasida atau obat telan lainnya. Ketika gejala asam lambung timbul, segera tempelkan selembar Koyo Maag Indonesia (KMI) pada area perut yang terasa nyeri. Anda pun dapat melakukan langkah yang sama untuk pencegahan penyakit lambung tanpa harus mengganggu kesibukan sehari-hari Anda. Dengan campuran ramuan herbal alami, Anda tidak perlu khawatir risiko efek samping atau ketergantungan karena KMI bekerja dari luar dan diserap melalui kulit untuk meredakan gejala sakit asam lambung.